Tuesday, August 12, 2008

Kawah Kamojang


Kawasan Kawah Kamojang adalah kawasan wisata pegunungan yang alami, terletak di perbatasan Bandung - Garut, tepat nya di Kec. Ibun. Pegunungan Kamojang adalah pegunungan yang memiliki gas panas bumi yang aktiv dan merupakan Lokasi Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi Pertama Di Indonesia.


Perjalanan ke Kawah Kamojang bisa ditempuh lewat (Tol Cileunyi, Cicalengka, Nagreg, Garut, Samarang) atau (Tol. Cileunyi, Rancaekek, Majalaya, Ibun) or lewat (Tol Moh. Toha,/ Tol. Buah Batu, Baleendah, Ciparay, Majalaya, Ibun), dalam perjalanan kita akan disuguhkan pemandangan alam pegunungan yang sejuk serta pesawahan yang elok. Selain itu kita juga akan di hadapkan dengan Track yang cukup menantang karena jalur menuju Kamojang banyak sekali tanjakan yg cukup "killer" Tanjakan yg paling killer namanya tanjakan "Monteng".



Bagi anda penguna kendaraan bermotor yang belum pernah menjajal tanjakan ini berhati-hatilah karena tanjakan ini banyak menelan korban gunakanlah gigi 1.
Curug Madi

Route menuju Curug Madi terletak di bawah Tanjakan Monteng perjalanan menuju Curug Madi dapat di tempuh kira-kira 20 menit.

Selain curug dan kawah ternyata kamojang juga memiliki danau yang indah & natural nama nya "Danau Ciharus" Kawasan Danau Ciharus terletak di sebelah Kulon kawah kamojang kawasan danau ciharus terlatak ditengah hutan yang lebat & diapit oleh gunung yg cukup lebat . Perjalanan ke danau ciharus bisa ditempuh dengan mengunakan motocross bagi yang punya yang ga punya motocross ya olahraga kaki saja lah alias Cokorcross He..he...




Danau Ciharus


Kawah-kawah yang terdapat di Kamojang.

  • Kawah Manuk, adalah kawah pertama yang akan kita lihat jika memasuki kawasan wisata kamojang.
  • Kawah Kereta Api, adalah kawah yg unik karena hanya terlihat semburan uap berwarna putih saja dan bunyi nya buzzz...memekakan telinga.
  • Kawah Hujan, adalah kawah yg paling unik karena kalo kita berada di kawah tersebut otomatis baju kita akan sedikit basah terkena semburan uap yg lembut seperti hujan gerimis.
  • Kawah Beureum, adalah kawah terakhir yg saya temukan di kawasan wisata kamojang.
  • Pemandian Air Panas Terbuka (open sauna) letak nya di sekitar bumi perkemahan kamojang.
Pemandian Air Panas Terbuka

Selain kawah, air terjun & danau kamojang juga memiliki hutan pinus yang lebat, cantik serta indah di pandang mata.


Hutan pinus kamojang.

Satu lagi bahasan yang hampir saja saya lupakan yaitu "Bumi Perkemahan Kamojang" Bagi anda2 yang suka Camping Kawasan ini dijamin bisa memuaskan anda, karena fasilitas nya komplit banget diantaranya : Kawasan rumput hijau di kelilingi pepohonan yang rimbun asyik banget untuk pasang tenda disana, kamar mandi & toilet pria & wanita yg terpisah, Mushola lengkap dengan pancuran untuk wudhu, rumah pohon, gazebo (saung), bagi anda penggemar olahraga outbound di sana juga tersedia plying fox, & terkahir yang paling special adalah tempat pemandian air panas gratis...



Taman Kamojang

Demikianlah artikel singkat tentang kawah kamojang, sekian & terima kasih "Mohon maaf apabila ada kesalahan pada penulisan hatur nuhun wassalam.

Bandung - Majalaya, 13 Januari 2009
e-mail : rochan_tea@yahoo.com



2 comments:

Unknown said...

kalo mau share foto pembangkitnya wat dijadiin home website gimana ya mas??

tolong dijawab secepatnya mas di hubungi ke sini aj sagita_hk@yahoo.co.id dan ke wulan.hire@gmail.com

secepatnya jawabannya ditungga ya mas

tq

Anonymous said...

Mas,,, foto-fotonya indah sekali,,, perkenalkan saya Ariya Dwinanto dari Geothermal ITB. Saya perlu foto-foto mas buat pameran geothermal, bisa ya?

tentu saja nanti watermark akan tetap dipasang. mohon dijawab ke ariya.dwinanto@yahoo.com. Pameran akan dihadiri perusahaan2 geothermal dari luar negeri, jadi pasti banget nama fotografer akan jadi terkenal.

karena waktu yang sudah mepet, segera ditanggapi ya mas... hubungi ke email diatas. TQ